Selasa, 22 Mei 2012

Sekilas tentang Sulak/Kemoceng

Sulak adalah peralatan rumah tangga pembersih debu terbuat dari bulu ayam atau bahan sintetis yang dirangkai dan disusun menempel ke sebuah tangkai kayu/rotan.
Sulak sebenarnya diproduksi di beberapa tempat di dalam dan luar negeri. Salah satu sentra kerajinan sulak terkenal di tanah air adalah di dusun Ngriman, desa Karanglo, kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten. Dusun Ngriman kira-kira terlletak di 20 kilometer sebelah tenggara puncak Merapi.
Disebut dusun Ngriman karena sebagian besar warganya merantau ke kota lain untuk berjualan sulak dan mengirimkan uangnya ke kampung halaman, sehingga disebut "kiriman", atau "ngiriman" atau Ngriman.
Keberadaan industri kerajinan sulak di Ngriman berdampak secara agregat pada perekonomian di sekitarnya karena produksi sulak tidak hanya disuplai di Ngriman saja akan tetapi didukung dusun-dusun di sekitarnya.
Sulak dari dusun Ngriman dipasarkan ke kota-kota lain di seluruh Indonesia : jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Wonogiri, Purwakarta, Lampung, dan sebagainya. Segala sesuatu tentang sulak ini akan dikupas habis dalam artikel-artikel lain dalam blog ini. Selamat mengenal Sulak dari Ngriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar